Komputer dapat diartikan seperti diagram gambar dibawah ini:

Arsitektur dan Organisasi Komputer
Sebelum mengenal dan memahami lebih jauh mengenai Arsistektur dan Organisasi Komputer. Terlebih dahulu kita harus memahami makna dari Arsitektur dan Organisasi. Organisasi komputer yakni mempelajari computer dari sudut pandang hardware. Jadi bagaimana software itu menjalankan hardware, dan bagaimana hardware dijalankan oleh software. Dalam dunia komputerisasi, Arsitektur itu sendiri adalah bagaimana memahami perangkat lunak/software yang membangun sebuah Komputer.

Struktur dan Fungsi Komputer(computer secara umum )

Contoh penjumlahan data A+B dari memory
1. Processor mengirim alamat “x” melalui bus alamat (buku alamat).
2. Alamat “x” dibaca oleh memory
3. Kemudian data A pada alamat “x” dihubungkan menuju processor melalui bus koneksi.
4. Untuk alamat “y” pada processor proses pengiriman alamat sama seperti pada pengiriman alamat”x”.(Data “B” pada alamat “y” dihubungkan memalui bus koneksi.
5. Data C=A+B, dimana data C dibaca oleh processor, kemudian data dikirim kembali kememory melalui bus interkoneksi.

NB:
1. Pembacaan processor system 32 bit berarti data yang dapat dilewatkan oleh bus interkoneksi sebanyak 32 bit/jalur. Dimana 32 bit= 2 pangkat 32 = 4 milyar = 4 GB. Sehingga processor system 32 bit hanya bisa menampung memory 4 GB tidak lebih. Dan untuk processor system 64 bit hanya bisa menggunakan memory 8GB.
2. Lebar memory 1 byte=8 bite, sehingga data yang dipindahkan dari memory ke processor dibutuhkan 4 kapling/baris alamat memory.

About these ads