Komputer merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari sistem hardware yang merupakan sistem perangkat keras dan software sistem perangkat lunak. Yang mana pada era modern ini, kebutuhan akan komputer sudah menjadi hal yang utama. Berbagai jenis tipe dan performa komputer sangat banyak ditemukan dipasaran. Akan tetapi kinerja dan performa komputer yang dibutuhkan untuk masing-masing bidang keperluan pasti sangat berbeda. Khususnya untuk didunia pendidikan komponen perangkat keras menjadi modal utama agar kinerja sebuah komputer bisa berjalan dan beroperasi secara optimal.

Untuk membangun sebuah arsitektur komputer sendiri tepatnya merakit sistem perangkat komputer sendiri dibutuhkan pemahaman mengenai perangkat-perangkat utama penyusun komputer. perangkat keras komputer terdiri atas motherboard/Bus, I/O System, Memori dan Processor:

A. Motherboard

Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan. Komponen penyusun motherboard terdiri atas chip controller yang mengatur operasi alur jalannya sistem dalam motherboard. Dalam menentukan motherboard secara langsung berhubungan dengan pemilihan processor dan komponen pendukung komputer lainnya yang mendukung sistem kerja motherboard.

  1. CPU Socket dan Chipset. CPU Socket menetukan jenis processor yang digunaka, yang terdiri atas 2 jenis yaitu Intel Socket dan AMD Socket.  Sedangkan chipset berfungsi untuk menangani untuk meningkatkan kinerja komputer. Chipset yang digunakan disesuaikan dengan jenis teknologi motherboard yang ada. Contoh pada jenis motherboard dibawah yang menggunakan teknologi intel.
  2. Memory Slot, yang biasa dilihat dari jumlah slot yang tersedia pada motherboard. contohnya pada spesifikasi dibawah menggunakan 4 slot DDR 3.
  3. Expansion slot,  dari spesifikasi ini dapat dilihat apakah memiliki kemampuan untuk mengupgrade komputer. Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar.
  4. Communication ports, Kecepatan communication ports serta port-port yang tersedia di motherboard menjadi bahan pertimbangan dalam memilih spesifikasi komponen motherboard, contoh USP 2.0, USB 3.0 .
Contoh spesifikasi pada motherboard
jenis Motherboard GIGA BYTE GA-Z68MA-D2H-B3 ini memiliki spesifikasi
  • CPU :  Support Intel Core i3, i5, i7 dan semua processor bertipe CPU Socket LGA 1155
  • Chipset : Intel Z68 Express Chipset
  • Memory : Memiliki kapasitas memory sampai 32 Gb dengan 4 slot DDR3
  • Expansion Slots : Memiliki  4 slot kartu graphic yang terdiri dari 16x, 8x, 4x dan 2x
B.Processor
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari notebook anda. Ini adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan Anda untuk memulai menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda. Prosesor datang dalam tiga jenis: single core, dual-core, dan quad-core. pemilihan processor disesuaikan dengan kemampuan dari motherboard, sehingga eksekusi perhitungan pada procesor dapat berjalan secar optimal.
C. Memory
Memory sendiri merupakan tempat penyimpanan data pada komputer yang mana pemilihannnya disesuaikan dengan motherboard. Pada memory hal yang juga harus diperhatikan adalah Kapasitas dari memory, kecepatan memory.
D. I/O System
system I/O terdiri atas mouse, keyboard dan monitor.Pemilihan perangkat ini sedianya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kenyamanan user dalam menggunakan. Untuk pemilihan barang elektronik merk dan harga adalah penting. Karena kualitas dari suatu barang dilihat dari sisi tersebut.
Berikut ini adalah salah satu daftar spesifikasi komponen penyusun suatu komputer lengkap dengan performa yang baik khususnya bagi anda seorang programmer IT dengan budget berkisar sekitar Rp. 7.000.000,-
referensi:
2.Buku Building the Perfect PC karangan Robert Bruce Thompson dan Barbara Fritchman Thompson terbitan O’Reilly.