Dalam bahasa pemograman fungsi perulangan merupakan dasar yang sering dipakai dan difungsikan untuk membuat suatu program kecil bahkan besar, karena suatu yang besar itu berawal dari dasar. Bila suatu dasar dari pemograman sudah kita kuasai dan kita pahami, hal sulit akan terpecahkan.

Pengulangan itu sendiri adalah suatu proses pemograman yang menampilkan statmen-statmen program secara berulang (loop) atau terus-menerus sampai terdapat kondisi untuk menghentikannya. Fungsi perulangan pada tingkat pemograman pada semua bahasa pemograman memiliki logika dan algoritma yang hampir sama. Fungsi yang biasa dipakai dalam bahasa pemograman C++ untuk kondisi perulangan yang akan dibahas:

1. Perulangan “while”

struktur while dalam fungsi perulangan akan mengeksekusi pengecekan nilai diawal kondisi perulangan. Perulangan dalam pemograman C++ bisa bersifat menurun (decrement) dan bertambah naik (increment).

Supaya kita lebih mengerti bagaiman fungsi penggunaan perulangan yang satu ini. mari kita langsung coba source kode sederhana dibawah.

contoh kasus

=> menampilkan program pengulangan nilai bersifat menurun. misalnya batas nilai dari perulangan nilai 10-5.  Dimana nilai yang ditampikan

dari program penambahan 1. Berikut contoh output programnya:


nah inilah output yang kita ingingkan, mengeluarkan nilai perulangan batasan nilai 10, dengan nilai yang ditampilkan merupakan pejumlahan nilai batasan +1. dan program pengulangan akan berhenti pada looping ke-5 kalinya.

untuk lebih mempermudah pemahan kita. ini dia source code yang bisa dipraktekkan+comment penjelasan yang mudah-mudahan bisa membantu kita dalam memahami masing-masing fungsi dan operasi pada program sederhana ini:

// fungsi perulangan

//while

#include<stdio.h>

#include<stdlib.h>

int main(void){

int a,x=10;// vaiable x menjadi batasan nilai fungsi variable int bil bulat, INIALISASI NILAI TERHADAP VARIABEL

       // jadi variable x lah yang diproses untuk menjadi nilai perulangan dengan batasan dan pernytaan yang ada

       //variable a nilai yang tampil pada perulangan

printf(“\n ===fungsi perulangan while===”);

printf(“\n===============================”);

printf(“\n”);

while(x>5)// batas fungsi perulangan

{

a=x+1;//nilai  variable a ditampilkan dalam operasi nilai x+1

printf(“\n nilai perulangan %d\n”,a);// menampilkan variable a hasil operasi a=x+1

–x;/*nilai perulangan dalam pengurangan/decreament nilai, setelah nilai batasan 3

    maka pengulangan akn dihentikan*/

}

printf(“\n===============================\n”);

system(“pause”);

return 0;

}