Sebelum kita melakukan perhitungan bagaimana cara kerja sebuah arsitektur komputer pada sebuah program sederhana komputer, Terlebih dahulu sedikit penjelasan mengenai Kompoter IAS harus kita pahami. Komputer generasi pertama ini dikembangkan di Princeton Institute for Advance Studies (IAS). Komputer IAS sendiri merupakan komputer generasi pertama yang di keluarkan pada tahun 1946, dimana komputer ini dirancang oleh Von Neumman yang menggunakan “STORED-PROGRAM” sebagai konsep operasinya.

Stored program dapat diartikan yaitu untuk setiap operasi komputer  dicontrol oleh program yang disimpan dalam memory. Program disimpan dalam memory bersama-sama dengan data, Komputer dapat mengambil instruksi dari memory dan nilai program dapat diatur didalam memory.

Berikut Arsitektur Detail dari Komputer IAS

Berikut penjelasan dari Arsitektur Komputer IAS:

Secara garis besar, Organisasi perangkat keras dari sebuah komputer terdiri atas Bus, Driver I/O, Memory Utama dan Processor. Sama halnya pada Komputer generasi pertama ini. Arsitektur Komputer IAS terdiri dari :

A. Perangkat Input/Output : Koneksi sistem dengan perangkat luar. sebagai contoh sistem user input mouse dan keyboard. Display sebagai user output.

B. CPU, yang terdiri atas Struktur ALU dan Program Control Unit.

*Control Unit:

  1. PC , Program Counter. merupakan alamat sebuah instruksi pada Processor pada rangkaian Control Unit.
  2. IR, Instruction Register. berisi kode instruksi berukuran 8 bit yang hendak dieksekusi.
  3. IBR, Instruction Buffer Register.  adalah tempat menyimpan/buffer instruksi sementara.
  4. MAR, Memory Address Register. Alamat memory register.
  5. Rangkaian Control, Berfungsi untuk menterjemahkan instruksi dari memory untuk dieksekusi.

*Aritmetic and Logic Unit

  1. MBR, Memory Buffer Register. tempat data diterima dari memory dan berisi data yang nantinya akan disimpan pada memory.
  2. ALU, operasi perhitungan ekseskusi sebuah program.
  3. Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ), merupak tempat penyimpan sementara operand dan hasil operasi ALU.

C. Memory Utama, tempat penyimpanan sementara program dan data yang sedang digunakan ketika processor mengeksekusi program tersebut. memory disusun sebagai urutan byte yang memiliki address masing-masing. ^_^