Dalam dunia telekomunikasi, pembagian protocol akan selalu melibatkan 2 bentuk atau model pengalamatan, yaitu pada model OSI (Open System Interconection) dan model TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Sistem komunikasi data yang mneghubungkan peralatan komputer yang satu dengan yang lain disebut Jaringan Komunikasi Data. Model TCP/IP pada Jaringan Komunikasi Data terdiri atas 5 lapisan protokol :

a.      Application Layer

Merupakan layer ekseskusi pogram. Misalnya dalam apilkasi video call.maka yang dikatakan application layer adalah program dari aplikasi itu sendiri salah satunya berupa saat menulis chatting.

b.      Transport Layer

Lapisan layer yang digunakan untuk transmission control protocol . jadi dalam layer ini bagaimana cara yang dilakukan untuk mengirim data, contohnya dalam aplikasi chatting bagaimana text dalam chatting bisa terkirim. Dengan menggunakan protocol transport TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol).

Dari segi kehandalan dan penggunaannya antara protocol TCP dan UDP.

  • Pada transport TCP

Dalam penggunaanya protocol TCP dipakai untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kehandalan data. Kehandalan yang dimiliki oleh protocol ini disebabkan karena beberapa mekanisme berupa checksum, duplicat data cetection, Retransmisson, Sequencing dan Timers.

  • Pada transport UDP

Dalam penggunaannya protocol UDP digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan panjang paket yang pendek dan tidak menuntut kehandalan yang tinggi.

Dari segi konektivitas antara TCP dan UDP

  • Pada transport TCP

TCP adalah protocol yang paling umum digunakan di Internet, karena TCP menawarkan kesalahan data (flow control).

TCP memiliki fungsi flow control dan error detection dan bersifat connection oriented. Contohnya adalah aplikasi database yang hanya bersifat query dan response.

  • Pada transport UDP

Dari segi kecepatan pengiriman UDP memiliki kecepatan pengiriman yang tinggi, karena UDP disebut juga unreliable protocol artinya UDP bersifat connectionless tidak ada mekanisme pemeriksaan data dan flow control. Dalam beberapa hal yang menyangkut efesiensi dan penyederhanaan protocol UDP sering dipilih dalam pembuatan aplikasi. Aplikasi lain yang sangat sensitif terhadap delay seperti video conference. Aplikasi seperti ini dapat mentolerir sedikit kesalahan (gambar atau suara masih bisa dimengerti), namun akan tidak nyaman untuk dilihat jika terdapat delay yang cukup berarti.

c.       Internet Layer

Hubungan note ke note, dimana layer ini bertugas untuk menjamin suatu paket data yang dikirim dapat menemukan tujuan pengirim.

d.      Data Link Layer

Layer yang bertugas untuk mengatur penyaluran data, atau bisa dikatakan menghendel pengiriman paket data.

e.       Physical Layer

Layer yang terakhir merupakan lapisan terbawah dalam protocol TCP/IP yang merupakan lapisan fisik, berupa besaran fisik , arus, tegangan. Jadi paket data berupa data byte dikonversikan menjadi nilai besaran-besaran listrik.