Representasi Data Tipe Data Integer. Dimana pada type data Integer terdiri atas 2 cara representasi yaitu:

  1. Bilangan Bulat tidak negatif (unsigned)
  2. Bilangan Bulat negatif, nol dan positif (two’s complement/signed)

Untuk para pemula sebaiknya untuk mengetahui representasi nilai integer dimulai dengan memahami bilangan 4 bit. Jika sudah benar-benar memahami kita bisa memrepresentasikannya dalam bilangan 32 bit yang perhitungan sudah dipakai pada komputer yang sudah kita pakai ini. Berikut ini adalah table nilai numerik bilangan Integer Signed dan Unsigned 4 bit.

Dari tabel diatas, bisa dijelaskan sedikit sehingga kita tidak hanya saja menelan mentah-mentah mengapa misalnya untuk bilangan unsigned 13 itu jika dikonversikan kedalam bilangan biner menjadi 1101??? berikut penjelasannya :

pembuktiannya:

untuk mengkonversikan bilangan biner kedalam nilai integer, ingat bahwa dalam teknik bilangan digital nilai dari setiap bit bilangan biner diwakilkan dengan nilai 2 pangkat n, dimana nilai n adalah nilai pangkat dari 0 – tidak terbatas.

begitupun untuk nilai pada signed -3 jika dikonversikan pada bilangan biner 1101? berikut penjelasannya ;

Dari kedua tabel diatas bisa dibedakan nilai bilangan signed dan unsigned jika dikonversikan kedalam bilangan biner. kenapa harus dikonversikan kedalam bilangan biner ? karena komputer hanya mengenali nilai bilangan biner 1 dan 0. untuk lebih memahami pengkonversian nilai mari langsung saja kita cobakan pada pemograman c++ sebagai berikut;

Selanjutnya langsung kita bahas salah satu contoh representasi nilai seperti soal berikut;

Dari program tersebut bisa kita analaisa, sesuai dengan tabel representasi kita lakukan perhitungan memalui bilangan 4 bit;

int a =4293967295;

.merupakan input bilangan max nilai integer, dan dibaca dalam tabel biner =1111

.operasi perhitungan a=a+1;

maka a = 1111 + 1 = 1 0 0 0 0, karena dalam bilangan 4 bit hanya dapat menampilkan bilangan sejumlah 4 bit, maka output  dalam unsigned = “0”.

itulah satu operasi representasi nilai bagimana input bilangan integer jika dikonversikan kedalam unsigned integer. semoga bermanfaat dan bisa dijadikan petunjuk untuk menyelesaikan representasi nilai dalam contoh lain.